Awas Gendang Telinga Bisa Pecah Gara-Gara Hal Berikut






Sahabat Ummi, sering merasakan telinga sakit secara tiba-tiba? Bahkan kadang sensasinya timbul tenggelam? Atau timbul gejala telinga berdenging? Bisa jadi ini merupakan gejala awal gendang telinga kita pecah. Jika dibiarkan, kita bisa sampai kehilangan pendengaran lho. Wah, menyeramkan ya.

Sebelum kita membahas lebih lanjut tentang penyebab gendang telinga pecah, baiknya kita ketahui dulu gejala awalnya seperti apa.

  Telinga terasa sakit, biasanya sakit akan hilang dan datang dengan cepat

  Telinga berdenging (tinnitus)

  Keluar cairan dari dalam telinga, bisa berupa nanah atau darah

  Vertigo (kepala terasa berputar), biasanya datang dan hilang dengan cepat

  Mual dan muntah akibat vertigo

  Turunnya fungsi pendengaran

Lalu, sebenarnya apa yang dimaksud dengan gendang telinga pecah? Gendang telinga pecah adalah suatu keadaan robeknya gendang telinga karena berbagai faktor. Adapun nama ilmiah dari gendang telinga ialah membran timpani yang merupakan jaringan tipis sebagai pembatas antara telinga tengah dan saluran telinga luar. Jadi, istilah keren untuk gendnag telinga pecah ialah perforasi membrane timpani. Gendang telinga berfungsi untuk menangkap gelombang suara dan melanjutkannya ke telinga bagian tengah dan dalam sehingga membuat kita bisa mendengar suara yang muncul di sekitar kita. Jadi jika gendang telinga kita pecah, fungsi pendengaran pun otomatis terganggu. Bahkan dalam beberapa kasus berat, gangguan pendengaran akan terjadi secara permanen. Selain itu, gejala tambahan lain seperti mual, pusing, dan muntah pun akan dialami penderita.

Lalu, apa sajakah penyebab gendang telinga pecah ini?

  Infeksi
Penyebab gendang telinga pecah yang paling umum ialah infeksi. Biasanya disebabkan oleh infeksi telinga tengah (otitis media akut), sehingga menyebabkan cairan menumpuk di belakang gendang telinga. Hal ini akan mendorong gendang telinga sehingga menegang dan pecah.

  Perubahan tekanan
Perubahan tekanan yang mendadak juga bisa menjadi penyebab gendang telinga pecah. Hal yang umum terjadi ialah ketika kita mengemudi di dataran tinggi, melakukanscuba diving, dan berada dalam pesawat terbang. Inilah yang menyebabkan anak-anak dalam usia balita wajib diberikan perlindungan dengan earphone saat bepergian menggunakan pesawat terbang.

  Cedera
Sahabat Ummi sering membersihkan telinga menggunakan cotton buds? Hati-hati, jika kita terlalu keras saat membersihkannya, telinga kita bisa mengalami cedera sehingga menyebabkan gendang telinga robek atau pecah.

Selain penggunaan bahan-bahan asing yang masuk ke dalam telinga, cedera yang terjadi pada kepala kita juga bisa menjadi penyebab robeknya gendang telinga.

Dan yang terakhir, trauma akustik (trauma yang disebabkan oleh suara) juga bisa menjadi salah satu penyebab pecahnya gendang telinga. Jadi, mulai sekarang sebaiknya hindari penggunaan headset secara terus-menerus atau menyetel musik dalam volume kencang, karena hal ini bisa menyakiti telinga kita nantinya.


Sahabat Ummi, baiknya kita menjaga kesehatan indra pendengaran kita sejak dini, karena jika telinga mulai terganggu, berbagai anggota tubuh lain seperti indra pengecap akan terganggu kinerjanya. Selain itu, gejala pusing yang timbul tenggelam juga akan mengintai kita.







loading...

0 Response to "Awas Gendang Telinga Bisa Pecah Gara-Gara Hal Berikut"

Post a Comment