WAKTU2 YANG BAIK UNTUK BERDOA / MUSTAJAB DI BULAN RAMADHAN!! Beramal Pada Waktu ini juga akan memperolehi pahala seperti amalan yang dikerjakan selama 1000 bulan!! SEBARKAN!!






Ada dua waktu yang baik di bulan ramadhan ini, adalah :


1. PADA SAAT AKAN BERBUKA PUASA

“Sesungguhnya bagi orang yang berpuasa ketika saat berbuka ada doa yang tidak ditolak”. (HR Ibnu Majah)

“Ada tiga orang yang doa mereka tidak ditolak oleh Allah : Pemimpin yang adil, orang yang berpuasa ketika ia berbuka, dan doa orang yang dizalimi.” (HR. at-Tirmidzi, Ahmad, Ibnu Majah, dengan lafaz dari at-Tirmidzi)

Karenanya para ulama salaf sangat mengagungkan waktu penghujung hari (sore hari) karena ia menjadi penutup hari puasa. Sesungguhnya orang cerdas, tentunya akan memanfaatkan waktu yang berharga ini untuk berdoa.


2. PADA SAAT SAHUR

"Dan di akhir-akhir malam mereka memohon ampun (kepada Allah)." (QS. Al-Dzariyat: 18)

Imam Mujahid dan lainnya mengatakan, "(di akhir-akhir malam) mereka mengerjakan shalat." Ulama lainnya mengatakan, "Mereka shalat malam dan menutupnya dengan istighfar sampai menjelang fajar." Ini sesuai dengan firman Allah Ta'ala: "Dan yang memohon ampun di waktu sahur." (QS. Ali Imran: 17)

Karenanya perbanyak doa, istighfar, zikir dan membaca al Qur'an

Kemudian Ibnu katsir berkata, "Jika istighfar di dalam shalat maka itu lebih baik." Beliau berhujjah dengan hadits shahih,

"Sesungguhnya Allah turun setiap malam ke langit dunia saat seperti tiga malam terakhir, lalu Dia berfirman: Adakah orang yang mau bertaubat sehingga Aku ampuni dia? Adakah orang yang beristighfar sehingga aku ampuni dia? Adakah orang yang meminta (kepada-Ku) sehingga aku beri permintaannya? Sehingga terbit fajar

Karenanya , begitu sayang bila waktu banyak terbuang sia-sia , terutama saat sore hari menjelang saat berbuka puasa .

3. SAAT MALAM LAILATUL QADAR

Allah subhana wa Ta'ala berfirman :
“Sesungguhnya Kami telah menurunkannya (Al Qur’an) pada malam kemuliaan (Lailatul Qadr). Dan tahukah kamu apakah malam kemuliaan (Lailatul Qadr) itu? Malam kemuliaan itu (Lailatul Qadr) lebih baik dari seribu bulan. Pada malam itu turun malaikat-malaikat dan malaikat Jibril dengan izin Rabbnya untuk mengatur segala urusan. Malam itu penuh kesejahteraan sampai terbit fajar”. (Al-Qadr: 1-5)

Asy-Syaikh Shalih Al-Fauzan hafizhahullah berkata: “Bahwasanya (pahala) amalan pada malam yang barakah itu setara dengan pahala amalan yang dikerjakan selama 1000 bulan yang tidak ada padanya Lailatul Qadr. 1000 bulan itu sama dengan 83 tahun lebih. Itulah di antara keutamaan malam yang mulia tersebut. Maka dari itu Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam berusaha untuk meraihnya, dan beliau bersabda:

“Barangsiapa menegakkan solat pada malam Lailatul Qadr atas dorongan iman dan mengharap balasan (dari Allah), diampunilah dosa-dosanya yang telah lalu”. (H.R Al Bukhari no.1768, An Nasa’i no. 2164, Ahmad no. 8222)

Karenanya , perbanyaklah doa dan munajat " untuk kebaikan dunia dan kebaikan akhirat" ,  di waktu-waktu yang baik ini,  di bulan penuh ampunan , rahmat dan keberkahan dari Allah yang dibukakan lebar-lebar bagi kita umat Nabi Muhammad shalallahu alaihi wasaallam

Disamping itu, berkenaan dengan Ramadhan, ada 2 doa yang dianjurkan untuk kita perbanyak dan di setiap keadaan, baik setelah sholat atau sedang apapun, yakni :

1. Doa Lailatul Qodr

2. Doa Sayyidul Istighfar



 Semoga kita bisa mengamalkan semaksimal mungkin... Insya Allah....







loading...

0 Response to "WAKTU2 YANG BAIK UNTUK BERDOA / MUSTAJAB DI BULAN RAMADHAN!! Beramal Pada Waktu ini juga akan memperolehi pahala seperti amalan yang dikerjakan selama 1000 bulan!! SEBARKAN!!"

Post a Comment