Cara Mengenali Migraine Pada Diri







Migren adalah nyeri kepala primer, berdenyut,  disertai mual, merasa sensitif bila melihat cahaya dan/atau mendengar suara, gangguan tidur, dan depresi. Bila tidak diobati dokter, maka migren dapat berlangsung selama 4-72 jam. Migren termasuk nyeri kepala primer karena hingga kini belum diketahui penyebabnya secara pasti.


Penderita migren merasakan nyeri kepala sedang hingga berat, mayoritas pada satu sisi kepala. Namun bisa juga di kedua sisi kepala. Sakit kepala seolah ditusuk-tusuk atau seakan berdenyut. Rasa nyeri kepala tersebut semakin memberat bila disertai aktivitas fisik. Dapat disertai mual atau tanpa muntah. Silau melihat cahaya terang. Pusing saat mendengar suara bising. Sakit kepala atau nyeri kepala mereda secara bertahap di siang hari dan usai bangun tidur.

Adapun beberapa faktor predisposisi migren adalah tidur berlebihan atau kurang tidur, puasa, suka terlambat makan, perubahan hormonal pada ibu hamil, makanan tertentu [keju, coklat], faktor keturunan, faktor kepribadian.


Tata laksana yang sederhana adalah beristirahat di tempat gelap dan tenang. Boleh dikompres dingin. Berolahraga aerobik secara teratur. Berhenti dari merokok. Berupaya semaksimal mungkin agar tidak terpapar asap rokok. [dr. Dito Anurogo]







loading...

0 Response to "Cara Mengenali Migraine Pada Diri"

Post a Comment